Selasa, 26 Juni 2012

Abstrak PTK JOYFUL-INKUIRI

PEMANFAATAN MEDIA JOYFUL NOMENCLATURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI TATA NAMA SENYAWA BAGI PESERTA DIDIK
KELAS X.3 SMA NEGERI 1 KEBUMEN SEMESTER 1 TAHUN 2010/2011

Tri Lestari *)

*) SMA Negeri 1 Kebumen Jl. Mayjen Sutoyo No. 7 Kebumen 54316, e-mail: trilestari_sman1kbm@yahoo.com

ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan media Joyful Nomenclature melalui Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia aspek kogitif materi Tata Nama Senyawa bagi Peserta Didik. Penelitian dilakukan di kelas X.3 SMA Negeri 1 Kebumen semester 1 Tahun Pelajaran 2010/2011. Jumlah peserta didik sebanyak 32 terdiri atas 14 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan.

Penelitian berlangsung selama dua siklus. Tiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dan setiap pertemuan berlangsung 2 × 45 menit. Pada siklus I, proses pembelajaran memanfaatkan media Joyful Nomenclature melalui Inkuiri Terbimbing dan Peserta Didik dikelompokkan menjadi 8 kelompok (jumlah peserta didik per kelompok sebanyak empat orang). Pada siklus II, proses pembelajaran memanfaatkan media Joyful Nomenclature melalui Inkuiri Terbimbing dan Peserta Didik dikelompokkan menjadi 16 kelompok (jumlah peserta didik per kelompok sebanyak dua orang).

Data-data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui hasil evaluasi tiap akhir siklus. Selain itu juga berupa data kualitatif yang diperoleh melalui hasil observasi, jurnal guru kolaborasi, dan jurnal Peserta Didik. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa telah terjadi peningkatan aktivitas belajar kimia dan peningkatan hasil belajar kimia aspek kognitif peserta didik pada materi Tata Nama Senyawa. Hasil belajar dari kondisi awal ke kondisi akhir mengalami peningkatan. Nilai rerata yang dicapai peserta didik pada kondisi awal sebesar 75,00 menjadi 79,13 pada siklus I dan meningkat menjadi 86,00 pada siklus II sehingga dari kondisi awal ke kondisi akhir peningkatan nilai rerata peserta didik sebesar 14,67%. Jumlah peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dari kondisi awal ke kondisi akhir mengalami peningkatan. Jumlah peserta didik yang mencapai KKM pada kondisi awal sebanyak 17 peserta didik atau sebesar 53,13% menjadi 20 peserta didik atau sebesar 62,50% pada siklus I dan meningkat menjadi 26 peserta didik atau sebesar 81,25% pada siklus II. Dengan demikian dari kondisi awal ke kondisi akhir peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai KKM sebesar 28,12%.

Kata kunci : media Joyful Nomenclature, inkuiri terbimbing, aktivitas belajar kimia, hasil belajar kimia, tata nama senyawa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar